Taman Vertikal di Indonesia

Taman Vertikal di Indonesia adalah taman yang dibangun pada bidang yang berdiri tegak lurus dengan tanah, hal inilah yang membuat taman vertikal sering disebut sebagai model taman dinding.

Kelebihan model taman dinding adalah penggunaan lahan yang jelas jauh lebih sedikit dari taman yang biasa kita temui, yaitu taman yang konvensional dimana seluruh tanaman ditanam ditanah yang horizontal. Selain penggunaan lahan yang sangat sedikit dapat diletakkan atau dibangun dimana saja, baik sebagai taman di luar rumah atau taman di dalam ruangan (indoor dan outdoor).

Tanaman yang digunakan merupakan tanaman yang mudah ditemui, merupakan tanaman yang umum dan mudah dikembangkan sehingga supplai tanaman tidak perlu dikhawatirkan. Tanaman yang dipilih biasanya tanaman yang disesuaikan dengan vertical garden yang akan dibuat apakah penempatannya di dalam ruangan atau penempatannya di luar ruangan.

Pemeliharaan sangat mudah, umumnya dilengkapi dengan sistem pengairan otomatis sehingga penyiraman tanaman dilakukan secara otomatis, selama sumber air untuk pompa tersedia dengan baik. Pemupukan biasanya dilakukan pada saat melakukan penyiraman. Taman vertikal juga menjadi sumber udara bersih untuk lingkungan sekitarnya dengan memberikan supplai oksigen yang dihasilkan dari daun-daun dari tanaman yang ditanam di vertical garden tersebut.

Taman dinding akan mengubah lingkungan sekitarnya, bila diletakkan di dalam ruangan, akan memberikan nilai tambah pada ruangan tersebut, serta menambah nilai estetika lingkungan sekitarnya. Desain yang menarik sangat penting sebagai nilai tambah bagi vertical garden tersebut, dengan desain yang unik tentunya akan sangat memanjakan setiap orang yang melihatnya, sehingga taman vertikal atau taman tegak tersebut benar-benar menjadi sesuatu yang membanggakan bagi pemiliknya, sehingga dapat disimpulkan bahwa taman vertikal:

  1. Solusi bagi orang yang ingin memiliki taman tapi terkendala lahan yang terbatas.
  2. Dapat dibangun dimana saja, baik indoor maupun outdoor.
  3. Mudah pemeliharaannya.
  4. Menghasilkan oksigen dan membantu kesegaran udara di sekitarnya.
  5. Menambah nilai estetika lingkunga rumah, kantor, mal atau gedung dan bangunan lainnya.

Dengan banyaknya keuntungan yang diperoleh serta kemudahan dalam perawatan dan banyaknya nilai tambah yang diberikan sudah selayaknya vertical garden dijadikan suatu kebutuhan sebagai bagian dari rumah, kantor, gedung, mall atau lingkungan sekitar kita

Leave a Reply

Your email address will not be published.