Solusi Keterbatasan Ruang Hijau

Solusi keterbatasan ruang hijau menjadikan pemilik rumah merasa kesulitan untuk menciptakan hunian yang tetap hijau dan asri. Di era yang serba digital dewasa ini, kita dituntut memiliki kreativitas tinggi dan inovasi untuk bisa menciptakan segala sesuatu yang bisa memiliki manfaat untuk masyarakat banyak. Dengan hadirnya taman vertikal atau biasa disebut taman tegak bisa menjadi alternatif atau menjadi solusi keterbatasan ruang hijau yang ada agar tetap membuat rumah hijau dan asri.

Ada 2 kategori pembuatan taman rumah yang bisa di aplikasikan di tempat yang terbatas dan mungkin tak terpakai. Kategori pertama dikenal dengan istilah living wall atau taman dinding. Sistem pengaplikasian taman vertikal garden adalah dengan memasang media tanam pada dinding sehingga bisa ditanami dengan tanaman hias. Media taman ditempelkan pada dinding vertikal menggunakan rangka baja ringan atau sejenisnya yang susun sedemikian rupa menjadi sebuah panel tanaman.Kemudian dari pada itu living wall yang merupakan panel tanaman juga membutuhkan sistem irigasi dan pemupukan layaknya taman biasa, bisa otomatis atau manual. Keuntungan menggunakan living wall ini adalah Anda bisa menanam berbagai macam jenis tanaman.

Kategori yang kedua adalah taman vertikal green facades. Sistem pengaplikasian green facades pada dasarnya adalah tanaman rambat yang dirambatkan pada dinding, sehingga tidak membutuhkan lagi media tanam sepeti living wall.

Leave a Reply

Your email address will not be published.