Merawat Vertical Garden

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa tips jitu dalam merawat vertical garden agar tanaman selalu tampak cantik dan indah. Perawatan atau maintenace pada taman vertikal diperlukan agar taman vertikal terlihat terawat, rapi dan tidak semrawut. Berikut ini tipsnya:

  1. Penyiraman atau Pengairan

Hal yang utama dalam merawat vertical garden adalah memperhatikan penyiraman atau pengariran pada bidang vertical garden.

Ada 2 macam sistem pengairan pada vertical garden: Pertama, jika vertical garden Anda menggunakan sistem penyiraman otomatis berarti Anda harus mengecek tiap bidang vertical garden. Apakah penyiramannya sudah merata? Jika ada sebagian tanaman yang tidak terkena air, maka tanaman akan cepat layu dan mengering.

Kedua, sistem penyirman manual (buka tutup kran), jika Anda menggunakan sistem ini maka ketika Anda membuka kran untuk melakukan penyiraman pada bidang vertical garden, Anda harus betul-betul memperhatikan apakah bidang dan tanamannya sudah benar-benar basah. Jika bidang dan tanaman belum basah, biarkan kran terbuka sampai bidang dan tanaman vertical garden Anda benar-benar basah.

  1.  Pemupukan

Taman vertikal juga memerlukan pupuk untuk memberikan nutrisi kepada tanaman sehingga dapat tumbuh dengan sehat dan subur. Namun hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan penanaman kita harus memilih media tanam yang akan digunakan agar kelangsungan hidup tanaman bisa tumbuh dengan baik. Jika kita telah memilih media tanam yang cocok bagi tanaman tentunya kita akan mendapatkan hasil yang maksimal. Setelah itu lakukanlah pemupukan tanaman secara berkala agar tanaman selalu tercukupi kebutuhan nutrisinya.

2.  Membersihkan Daun

Pembersihan atau pembuangan daun-daun yang mengering adalah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga agar tanaman tampil cantik dan menawan sekaligus membantu kesuburan tanaman. Lakukanlah pembersihan daun-daun yang kering setiap 2 minggu sekali.

3.  Pemangkasan

Dari ketiga tips di atas, tips berikut ini yakni pemangkasan juga diperlukan bagi batang tanaman dan daun yang telah tua. Pemangkasan juga dilakukan bagi batang yang pertumbuhannya tidak beraturan yang hanya akan merusak pemandangan. Aturlah sedemikian rupa agar tanaman selalu tampil prima dan memikat.

Demikianlah tips merawat vertical garden semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.